Mobil Lama Seperti Mobil Baru Lagi

Halo sobat mobilunda, kali ini saya akan sedikit share atau membagi ilmu dalam teknik detailing yaitu tips dan cara membuat cat mobil lama menjadi lebih berkilau, menghilangkan goresan, menghilangkan swirlymark dan membuat water beeading. Apa itu water beeding? water beeding ada lah kemampuan cat untuk menjatuhkan air di atas lapisan cat sehingga mengurangi pembentukan waterspot di cat mobil yang membuat mobil menjadi kusam.
Menghilangkan Baret
Menghilangkan Baret


Sebenarnya teknik detailling bukan ilmu pasti dan hasilnya pun akan berbeda-beda setiap orang tergantung bagaimana dia melakukkannya dan bahan apa saja yang digunakan. Saya sendiri menggunakan berbagai brang detailling seperti meguiars, dan turtlewax.

untuk membuat cat mobil lebih berkilau dan terlihat basah diperlukan beberapa proses yaitu cutting, polishing dan waxing, dimana ketiga proses tersebut akan sangat berpengaruh dalam hasil akhir kilau cat mobil nantinya.

Sebelum kita bahas cara tentang membuat cat mobil lebih kinclong dan berkilau ada baiknya kita mengetahui tentang istilah-istilah dalam dunia detailling.

Yang pertama adalah cutting atau sanding atau compunding, seperti yang kalian tahu di lihat dari nama nya tentu proses ini menjadi hal yang tidak boleh di tinggalkan karena hasil akhir akan berpengaruh dalam proses ini. Cutting membuat cat mobil lebih fresh dan berfungsi untuk menghilangkan kotoran-kotoran di cat mobil yang sudah lama melekat.

Proses kedua adalah polishing, proses ini berguna untuk mengeluarkan kembali dan mengkilapkan warna asli dari cat mobil yang sudah kusam.

dan proses ketiga yang tidak kalah penting adalah waxing, waxing berguna untuk melindungi mobil dari sengatan matahari dan air hujan, waxing juga membuat cat lebih berkilau dan membuat air seperti daun talas atau biasa yang disebut water beading.

Dari ketiga proses diatas pasti sobat mobilunda sudah mempunyai bayangan bukan untuk melakukkan proses detailing? dan tentunya hasil akhir akan sangat berpengaruh dalam proses pengerjaan ketiga proses tersebut.

Hal yang perlu di siapkan untuk membuat mobil lebih kinclong adalah :

Menghilangkan swirlymark
Poles Mobil

Sekarang kita masuk ke proses pengerjaan:

Cutting:
Gunakan mesin poles atau gunakan applikator dengan gerakan memutar jika tidak mempunyai mesin poles, sedangkan bagi yang menggunakan mesin poles gunakan teknik 50:50 dalam setiap gerakan dan gunakan speed putaran mesin yang sesuai, biasanya untuk proses cutting menggunakan putaran mesin 4. Tekan sedikit alat poles ke body mobil agar goresan halus dan swirlymark bisa hilang, namun harus hati-hati agar cat mobil tidak gosong.

Polishing:
Untuk proses polishing sama seperti proses cutting namun dengan obat polishing juga dan tentunya pad yang sesuai biasanya berwarna kuning

Waxing:
Untuk tahap terakhir ini agak lebih mudah dibandingkan proses cutting dan polishing karena bisa di applikasikan dengan menggunakan tangan saja. Jangan menggunakan obat waxing terlalu banyak, cukup oleskan wax tipis - tipis ke cat mobil dan diamkan selama kurang lebih 5 menint, lebih lama lebih bagus lalu bersihkan dengan lap atau kain microfiber.

Setelah ketiga proses sudah dilakukkan dengan benar saya bisa menjamin mobil sobat akan kembali segar dan bening, serta goresan halus atau swirly mark juga akan hilang dan tentunya warna mobil akan kembali seperti baru lagi dengan kilau yang lebih waw dari sebelumnya.

Demikian tutorial menghilangkan goresan halus atau swirlymark dan membuat cat mobil lama menjadi baru kembali.

Labels: