Cara Drifting Dengan Mobil Matic / AT

Halo sobat Mobilunda, kali ini saya akan berbagi sedikit tips dan trick bagaimana teknik drifting dengan menggunakan mobil matic atau automatic transmition, seperti yang kita tahu biasanya drifting lebih banyak menggunakan mobil manual, karena torsi mesin sangat berperan dalam melakukkan drifting, akan tetapi mobil matic pun bisa dijadikan pemacu adrenalin juga loh untuk melakukan atraksi drifting.

Sebelum kita lanjut cara drifting dengan mobil matic ada baiknya sobat mobilunda untuk mengetahui beberapa macam jenis drifting, berikut penjelasannya :



Seperti namanya, jenis drifting ini menuntut power mobil yang besar untuk meluncur, yaitu dengan cara injek gas sampai habis dan pengemudi hanya tinggal mengatur arah kemudi.

Drifting jenis ini dilakukan dengan cara menarik tuas handbreak dan menginjak pedal kopling untuk menghilangkan traksi yang ada dimobil, dan setelah itu injak pedal gas dalam-dalam dan lepas kopling diikuti dengan counterstearing
Cara ini dilakukan dengan menurunkan porsneling menjadi lebih rendah pada saat kecepatan tinggi  sehingga membuat ban mengunci untuk menghilangkan traksi
Drifting dengan cara breaking drift membutuhkan accelarasi tinggi karena pengemudi harus menginjak rem dan memindahkan bobot mobil ke arah depan saat tikungan lalu injak pedal gas saat bobot mobil didepan saat ditikungan
Cara drifting dengan jenis ini sepertinya lebih familiar kita lihat, cara pada saat mobil dengan kecepatan tinggi dan hendak memasuki tikungan, mobil diarahkan ke arah luar lintasan dan dengan tiba-tiba putar kembali setir dengan cepat ke arah berlawanan dan membuat ban belakang mobil selip lalu injak gas.


cara drift mobil matic
Drifting Matic

Menggunakan mobil matic standar untuk melakukan drifting memang jarang sekali dilakukan, mengingat tidak semua mobil bisa dijadikan alat untuk drifting, drifting sendiri kata lain dari meluncur dan berbeda dengan slalom. Drifting harus menggunakan penggerak roda belakang, kenapa seperti itu? ya kalau mobil penggerak muka namanya slalom, halah...

Drifting biasa menggunakan porsneling atau gigi yang rendah untuk mendapatkan torsi yang maksimal, biasa didalam sebuah mobil matic di bekali dengan beberapa fitur yang memungkinkan sobat untuk memilih beberapa mode yaitu 1,2 atau l dan s, dll.

Hal wajib yang harus dilakukan dalam drifting ataupun berkendara adalah memasang safety belt, karena tidak ada yang tahu kan apa aja yang bakal terjadi nanti saat melakukan drifting, so.. safety can be fun hahah dan jangan lupa untuk mematikan ac mobil agar meningkatkan efisiensi dalam penggunaan bahan bakar, dan meringankan beban mesin.

Ok sekarang kita langsung ke point cara menggunakan mobil automatic untuk drifting, hal yang pertama adalah memindah porsneling ke 1 atau dalam beberapa merk mobil ditandai dengan huruf L, fitur ini berguna untuk mengunci perpindahan gigi 1 ke gigi selanjutnya. Setelah itu kita jalan seperti biasa untuk mencari torsi terbaik lalu tekan gas dalam-dalam sampai mentok kalau perlu untuk meningkatkan torsi lalu putar kemudi secara konstan ke kiri atau kekanan agar mobil matic dapat nge drift secara indah. ohya sobat, semakin besar torsi atau cc mobil matic maka akan semakin gampang juga untuk melakukan drifting, minimal 3000cc hahha

Demikian artikel kali ini tentang Cara Drifting dengan menggunakan mobil automatic, bagaimana sobat mobilunda? apakah kalian tertantang untuk melakukannya, hehe...

Labels: